Menghadirkan Dunia Dalam Bahasa Indonesia

Dukung Fantasykun Agar Tetap Berjalan

Saturday, April 15, 2023

I Woke Up Piloting the Strongest Starship Vol 1 Chapter 5 Part 1 Bahasa Indonesia


 
Vol 1 Chapter 5 Part 1 : Tampar Mereka dengan Segepok Uang Kertas

 

"MARI KITA LIHAT. Ada pajak kepala, tunggakan pajak tempat tinggal Divisi Kedua, bunga atas pajak tempat tinggal tersebut, kerusakan yang disebabkan oleh orang tuanya, dan biaya untuk haknya bepergian dengan bebas. Jumlahnya mencapai... tepatnya 500.000 Ener."

"Kau pasti bercanda."

Pria di balik meja konter itu menghadapi ledakan emosiku dengan sikap acuh tak acuh yang dingin. Dia adalah gambaran seorang pegawai negeri yang membosankan dengan setelan jas yang rapi dan pas serta rambut yang dibelah dua. Dan dia tidak bergeming dengan jumlah keterlaluan yang baru saja dia minta. Lima ratus ribu Ener. Di Jepang itu berarti... 50.000.000 yen. Bagaimana mungkin pajaknya bisa sampai segitu?!

Kami datang ke sini, ke cabang Divisi Ketiga Biro Administrasi Penduduk Tarmein Prime, untuk melakukan persiapan resmi agar Mimi bisa bergabung dengan kru-ku. Namun, segera setelah mereka mengkonfirmasi identitasnya, mereka mulai meminta sejumlah besar uang untuk semua pajak dan biayanya. Aku tidak tahu apa yang terjadi dengan semua ini.

Elma menebus semua cobaan ini dengan beberapa sindiran tentang bagaimana dia membenci kantor-kantor pemerintah. Sementara itu, aku dan Mimi dipanggil ke ruangan kecil yang menjemukan. Begitu petugas mengumumkan jumlahnya, Mimi langsung pucat dan gemetar seperti daun.

"Aku serius," kata pejabat itu. "Jumlah ini sebenarnya lebih sedikit dari jumlah yang sebenarnya karena saya sudah mengurangi angka desimalnya. Apakah kau ingin melihat rinciannya?"

"Tentu, mari kita lihat," kataku.

Dan aku pun melihatnya. Aku perhatikan dengan seksama, dan angkanya tetap sama. Tapi bagaimana aku bisa tahu berapa biaya yang wajar di sekitar sini? Apa yang dimaksud dengan "biaya untuk haknya bepergian dengan bebas?" Mengapa biayanya mencapai 200.000 Ener saja? Kedengarannya seperti angka besar yang baru saja mereka tambahkan untuk mendongkrak jumlah totalnya.

"Tidakkah menurutmu agak mengerikan menaruh beban utang yang belum dibayar pada seorang anak yang orangtuanya baru saja meninggal?" Kataku. "Apakah kau tidak punya cara untuk menghapus utang yang diwariskan atau sistem kebangkrutan sukarela atau apa pun itu?"

"Bukannya tidak ada," kata pejabat itu, "tetapi pewaris utang harus mengajukan banding dalam waktu tiga bulan setelah diberitahu tentang kewajiban tersebut. Tenggang waktu itu sudah lewat. Satu-satunya jaring pengaman atau pengecualian adalah dia tetap berada di Divisi Ketiga. Jika dia melakukan itu, dia tidak perlu membayar kembali utangnya."

Beberapa jaring pengaman. Orang ini tidak bergeming sedikit pun, dan dia benar-benar berharap "tetap di Divisi Tiga" akan menjadi semacam penghiburan? Tentu saja, dia tidak perlu membayar jika dia tinggal di sini, tetapi pada dasarnya itu adalah pernyataan bahwa tempat ini telah menyerah padanya.

Selain itu, siapa pun bisa melihat apa yang akan terjadi pada seorang gadis kecil tanpa pekerjaan atau keterampilan jika dia harus berjalan sendirian di Divisi Ketiga. Itu bukan jaring pengaman. Mereka membuangnya, memperlakukannya seperti sampah. Tidak terlihat, tidak dipedulikan. Apa yang salah dengan tempat ini?

"Aku dengar pekerjaan tentara bayaran dibayar dengan baik," pria itu melanjutkan, "tapi tentu saja 500.000 Ener terlalu mahal untuk kau bayar. Diskusi lebih lanjut hanya akan membuang-buang waktuku dan waktumu. Aku sendiri mungkin tidak tau, tapi aku berasumsi bahwa ada banyak tempat di Divisi Ketiga yang bisa kau gunakan untuk memuaskan dirimu. Mengapa tidak melakukan itu, daripada mencoba bermain-main di luar kemampuanmu?" Dia menyeringai sadis, seolah-olah ini semua sangat lucu baginya.

Oh? Apakah itu bagaimana kita akan melakukan ini? Terlepas dari sindiran pria itu, aku tidak berusaha menyeret Mimi untuk melakukan hal kotor apa pun yang ada dalam pikirannya. Tapi jika dia ingin bermain seperti ini dan meremehkanku, baiklah, aku bersedia memainkan permainannya yang sakit hanya untuk menggertaknya.

"Oke, ayo kita lakukan. Lima ratus ribu, ya? Aku bisa melunasi uang receh itu sekarang juga, jika kau mau."

"Permisi?" Petugas itu berkedip cepat, terkejut dengan saran saya.

Bagus. Itulah reaksi yang kuharapkan.

"Apa?" Aku berkata. "Aku tahu kau adalah orang yang tidak waras, tapi apakah pendengaranmu juga busuk? Dengarkan baik-baik: Aku akan melunasi semua 500.000 Ener di sini, sekarang juga. Siapkan dokumennya."

"Ini bukan waktunya untuk bercanda," kata pejabat itu.

"Aku tidak bercanda," kataku. "Cepat. Cepatlah. Aku meminta dokumen itu kepadamu." Aku menarik terminal genggam dari saku untuk menunjukkan betapa aku bersedia membayar uang tebusan.

 




Harus kukatakan, terlepas dari kepribadiannya yang jelek, petugas itu bekerja dengan cepat begitu dia akhirnya mulai bekerja. Dia mengumpulkan semua dokumen dengan tergesa-gesa, meskipun jelas-jelas enggan melakukannya.

Setelah transfer 500.000 Ener dari rekening bankku ke Tarmein Prime dikonfirmasi, pria itu mengeluarkan sertifikat pembebasan dari utang, bersama dengan sertifikat haknya untuk bepergian dengan bebas. Hal terakhir itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. "Hak untuk bepergian dengan bebas" datang dengan harga yang sangat mahal karena pada dasarnya membebaskan pemiliknya dari membayar pajak selama mereka tidak menetap di suatu tempat. Jumlahnya mencapai 40 persen dari 500.000 Ener itu, tetapi itu seperti membayar semua pajakmu di muka.

Penjelasan, dokumen, dan pembayaran akhirnya selesai, kami pun keluar dari kantor yang suram itu. Saat kami melangkah keluar, terminalku berbunyi dan memberi tahuku bahwa ada pesan dari Elma. Petunjuk arah ke toko pakaian. Sepertinya itulah cara dia menghabiskan waktunya selama kami terjebak dengan Side-part di sana.

"Apa kamu baik-baik saja?" Aku bertanya pada Mimi saat kami berjalan.

"Y-ya, aku baik-baik saja." Dia masih terlihat agak syok setelah mengalami semua cobaan ini, tapi sejujurnya dia sudah melalui banyak hal: diserang preman, diselamatkan olehku, harus mengungkapkan kisah hidupnya yang menyakitkan di kafe, dan mengetahui hutangnya di kantor pemerintah. Mungkin yang terbaik adalah tidak memaksanya. Aku tidak tahu berapa umur Mimi, tapi siapa pun akan terluka cukup parah setelah mengalami tekanan seperti itu. Aku benar-benar berharap bisa membawanya ke kapal dan membiarkannya beristirahat, tetapi jika dia tidak mendapatkan pakaian baru sekarang, dia tidak akan punya apa-apa untuk dipakai besok. Pakaiannya saat ini kotor dan sobek akibat serangan itu; sayangnya, kami tidak bisa menunda untuk membelikannya pakaian baru.

"Bagaimana hasilnya?" Elma bertanya ketika kami bertemu dengannya di toko pakaian.

"Aku menamparnya dengan segepok uang kertas-eh, Ener," kataku.

"Bagus, bagus. Begitulah cara para tentara bayaran melakukannya! Ngomong-ngomong, aku pergi dan memilih pakaian yang kupikir bisa dipakai Mimi." Ia menyodorkan sebuah tas berisi pakaian dan tagihannya ke arahku. Untungnya, tagihan yang satu ini jauh lebih masuk akal daripada yang baru saja kubayar.

"Aku mengambil banyak pakaian sehari-hari, pakaian dalam, dan barang-barang lain yang dia perlukan," kata Elma. "Ini bahkan tidak akan cukup, jadi pastikan kau mengajaknya berbelanja lagi suatu saat nanti."

"Terima kasih. Itu sangat membantu."

"Kau seharusnya berterima kasih," Elma gusar.

"Hei, aku sudah membayar dengan harga yang pantas. Dan kau tentunya membuang-buang waktu, kan? Lebih baik daripada berada di kantor pemerintah itu, percayalah."

"Itu sama sekali tidak sepadan," kata Elma. "Ugh, terserahlah. Tentu saja, ini membuang-buang waktu. Boleh aku pergi sekarang? Aku ingin kembali ke kapalku."

"Kami juga akan kembali. Mimi harus beristirahat."

"Itu ide yang bagus. Mimi, pastikan kamu tidak berada di sisi buruknya. Juga, awasi dia. Dia punya kecenderungan untuk menempelkan hidungnya di tempat yang tidak semestinya. Sebelum kamu menyadarinya, bam, dia sudah mati."

"Y-ya, Bu." Mimi berdiri tegak dan menjawab dengan penuh hormat, seolah-olah Elma adalah seorang kakak perempuan yang baik dan dapat diandalkan.

"Itu juga berlaku untukmu, Bro," kata Elma. "Jaga dia baik-baik. Itu berarti tidak ada lagi aksi konyol seperti hari ini. Jika kau melakukan hal bodoh dan membuat dirimu terbunuh, dia akan sendirian lagi."

"Ya, aku tahu," kataku. "Kau lebih peduli daripada yang kau tunjukkan, Elma."

"Itulah kebijaksanaan usia. Kau mungkin lupa, tapi aku jauh lebih tua darimu, nak."

"Oh, ya. Kau memang mengatakan itu."

Dia terlihat sangat muda sehingga sulit dipercaya, tetapi dia mengatakan bahwa dia seperti dua kali lipat dari usiaku. Dia memang memiliki energi yang melimpah seperti anak muda. Tidak peduli betapa sulitnya menelan kenyataan ini, aku harus menerimanya. Energik atau tidak, Elma sudah tua.

 

Jika kalian suka dengan novel ini, silahkan tinggalkan jejak, dan kalian juga dapat dukung fantasykun dengan TRAKTIR

☰☰

⏩⏩⏩

 

No comments:

Post a Comment